Angkringan, Tempat Nongkrong Terasyik di Jogja

Friday, 8 February 2013 Author: webadmin

Angkringan bagi orang jogja mungkin sudah biasanya, atau mungkin tiap malam makan di angkringan. Yah, angkringan menyediakan jajanan yang pas banget dengan kantong mahasiswa di kota Pelajar ini. Adapaun menu yang ditawarkan angkringan sangatlah bervariasi, tetapi secara umum sama, yaitu nasi kucing, sate usus, sate hati+empela, wedang jahe, dan kopi joss. Di antara sekian tempat yang khas angkringan, pasti angkringan Lik Man yang terletak di sebelah utara Stasiun Tugu menjadi salah satunya. Wajar, sebab tempat itu telah menjadi favorit banyak orang.

Angkringan Lik Man-Yogyakarta

Angkringan Lik Man-Yogyakarta

Angkringan Lik Man merupakan angkringan legendaris, sebab pedagangnya adalah generasi awal pedagang angkringan di Yogyakarta yang umumnya berasal dari Klaten. Anda bisa berjalan ke utara dari arah Malioboro atau Stasiun Tugu hingga menemukan jalan kecil ke arah barat, kemudian berbelok. Anda akan menemukan angkringan yang dimaksud tak jauh dari belokan, tepatnya di sebelah kiri jalan. Cirinya, ada dua buah bakul yang dihubungkan dengan bambu, anglo dengan arang yang membara, serta deretan gelas yang ditata.

Nongkrong di Angkringan

Nongkrong di Angkringan

Menu Angkringan

Menu Angkringan

Pilihan minuman favorit adalah Kopi Joss, kopi yang disajikan panas dengan diberi arang. Kelebihan kopi itu adalah kadar kafeinnya yang rendah karena dinetralisir oleh arang. Tak usah khawatir itu hanya mitos, sebab Kopi Joss lahir dari penelitian mahasiwa Universitas Gadjah Mada yang kebetulan sering nongkrong di Angkringan Lik Man.Berbagai makanan juga disediakan, ada sego kucing berlauk oseng tempe dan sambal teri hingga gorengan dan jadah (makanan dari ketan yang dipadatkan berasa gurih) bakar. Sego kucing di Angkringan Lik Man yang harganya Rp 1.000,00 tak kalah lezat dengan masakan lainnya sebab nasinya pulen dan oseng tempe dan sambal terinya berbumbu pas. Menikmati sego kucing yang selalu disajikan dalam keadaan hangat dengan lauk gorengan atau sate telur selain lezat juga tak menguras uang. Jika menjumpai makanan dalam keadaan dingin, anda dapat meminta penjual untuk menghangatkannya dengan cara dibakar. Lauk pauk yang menjadi lebih lezat ketika dibakar adalah mendoan (tempe goreng tepung), tahu susur, tempe bacem, endas (kepala ayam) dan tentu saja jadah. Bila tak nyaman makan dengan bungkus nasi saja atau anda makan dalam jumlah banyak, penjual angkringan menyediakan piring untuk menyamankan acara makan anda. tak salah jika Angkringan, Tempat Nongkrong Terasyik di Jogja.

Maka, tak seharusnya anda melewatkan suasana malam kota Yogyakarta tanpa berkunjung ke Angkringan Lik Man. Nikmatilah nuansa yang pernah dinikmati oleh banyak orang Yogyakarta dan sejumlah tokoh. Anda bias menghubungi Batas Nusa Tour & Travel untuk menikmati kota jogja, dengan paket wisata yang sudah kami siapkan. Anda bisa berkonsultasi mengenai mulai tiket pesawat, voucher hotel, hingga objek-objek wisata yang menarik untuk berlibur.


Leave a Reply